*Pengertian ISD
ilmu sosial dasar ( ISD ) adalah ilmu
pengetahuan yang menelaah masalah – masalah social yang timbul dan berkembang, khususnya
yang diwujudkan oleh warga Indonesia dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta,
konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian
dalam lapangan ilmu-ilmu social. pengetahuan yg menelaah masalah2 sosial, khususnya masalah – masalah yg
diwujudkan oleh masyarakat Indonesia, dengan menggunakan Teori – teori yg berasal dari
berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu – ilmu sosial (seperti Geografi Sosial,
Sosiologi, Antropologi Sosial, Ilmu Politik, Ekonomi, Psikologi Sosial
dan Sejarah).
*Tujuan ISD
ISD membantu perkembangan wawasan penalaran
dan kepribadian mahasiswa agar memperoleh wawasan yg lebih luas dan
ciri – ciri
kepribadian yg diharapkan dari sikap mahasiswa, khususnya berkenaan dengan sikap dan tingkah
laku manusia dlm menghadapi manusia lain, serta sikap dan tingkah laku manusia – manusia lain terhadap
manusia yg bersangkutan secara timbal
balik. ISD juga merupakan suatu
usaha yang dapat diharapkan memberikan pengetahuan umum dan pengetahuan dasar tentang
konsep2 yg dikembangkan untuk melengkapi gejala – gejala sosial agar daya tanggap (tanggap
nilai), persepsi dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi
lingkungan sosial dapat ditingkatkan, sehingga kepekaan mahasiswa pada lingkungan
sosialnya menjadi lebih besar.
*Hubungan ISD dengan IPS
Ilmu Sosial Dasar (ISD) dan Ilmu
Pengetahuan Sosial (IPS) kedua-duanya mempunyai persamaan dan perbedaan. Adapun
persamaan antara keduanya adalah : Kedua-duanya merupakan bahan studi untuk kepentingan
program pendidikan/pengajaran. Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri
sendiri. Keduanya mempunyai materi
yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial. Adapun perbedaan antara
keduanya adalah : Ilmu Sosial Dasar diberikan di Perguruan Tinggi, sedang Ilmu
Pengetahuan Sosial diberikan di Sekolah Dasar dan Sekolah Lanjutan. Ilmu Sosial
Dasar merupakan satu matakuliah tunggal, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan
kelompok dari sejumlah mata pelajaran (untuk sekolah lanjutan). Ilmu Sosial
Dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial
diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan ketrampilan intelektual. Bahan
pembelajaran ISD.
3 kelompok ilmu pengetahuan
Berdasarkan
sumber ilmu filsafat yang di anggap sebagai ibu dari ilmu maka ilmu
pengetahuan di kelompokkan menjadi 3 (tiga) yaitu :
- Ilmu Pengetahuan Alam (natural
science). Ilmu-ilmu alamiah bertujuan mengetahui
keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta. Untuk mengkaji
hal ini digunakan metode ilmiah. Caranya ialah dengan menentukan hukum
yang berlaku mengenai keteraturan-keteraturan itu, lalu dibuat analisis
untuk menentukan suatu kualitas. Istilah yang digunakan yang merujuk pada
rumpun ilmu dimana obyeknya adalah benda-benda alam dengan hukum-hukum
yang pasti dan umum, berlaku kapan pun dimana pun. sedangkan dari sisi
Ilmu Alamiah Dasar adalah mempelajari tentang metode – metode ilmu
kealaman dalam menjelaskan gejala – gejala alam secara lebih filosofis.
- Ilmu Pengetahuan Sosial (social
science). ilmu-ilmu sosial bertujuan untuk mengkaji
keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antara manusia. Untuk
mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah sebagai pinjaman dari ilmu-ilmu
alamiah.
- Pengetahuan budaya (the
humanities) bertujuan untuk memahami dan mencari arti
kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi. Untuk mengkaji hal ini
digunakan metode pengungkapan peristiwa-peristiwa dan kenyataan-kenyataan
yang bersifat unik, kemudian diberi arti. ilmu-ilmu pengetahuan yang
dianggap bertujuan membuat manusia lebih manusiawi, dalam arti membuat
manusia lebih berbudaya. Kategori yang tergolong dalam ilmu ini seperti (Teologi,
Filsafat,H ukum, Sejarah, Filologi, Bahasa, Budaya & Linguistik
(Kajian bahasa), Kesusastraan, Kesenian, Psikologi). Sedangkan Ilmu Budaya
Dasar adalah suatu ilmu yang mempelajari dasar dasar kebudayaan pola yang
terjadi dalah kehidupan sehari – hari dalam manusia.
3
golongan bahan pelajaran yaitu
- Nilai yang menjadikan sebuah
masalah masyarakat yang dijadikan sebagai keperhatinan publik yang harus
segera diselesaikan karena apa bila, kita tidak segera menyelesaikan
sebuah masalah itu maka, keributan dan tercemarlah masalah itu ke wilayah
masyarakat yang belum pernah menghadapi masalah seperti itu maka sudah
rusaknya lingkungan tersebut.
- Menangani sebuah permasalahan
yang timbul akibat disengajakan atau tidak disengajakan, dikarenakan kita
harus bisa mempelajari masalah tersebut agar tidak timbul masalah yang
sama dan mempunyai dampak efek yang berbeda dari setiap masalah yang
timbul
- Sesuatu yang
keterkaitannya dengan masalah yang berhubungan dengan yang satu dengan
yang lainnya, merupakan obyek yang tidak mudah dalam mencari sumber
masalahnya apa bila semuanya ikut keterkaitan dalam masalhnya
0 komentar:
Posting Komentar