Bab 5
Dasar-dasar Pemrosesan Komputer.
Pendahuluan.
Komputer merupakan alat perangkat
keras yang sedang mendunia sekarang-sekarang ini,bagaimana tidak,semua kegiatan
apa saja saat ini pasti menggunakan atau memakai alat perangkat keras itu,baik
untuk membuat laporan,naskah,atau aplikasi-aplikasi lainnya dan yang pasti bisa
juga digunakan untuk permainan. Nah semua itu adalah sebagian bentuk dari
system operasi yang terdapat di dalam computer,tetapi kita sekarang
membicarakan dasar-dasar untuk pemrosesan computer,apa saja perangkat keras
lainnya yang mendukung untuk berjalannya suatu computer tersebut,berikut ini
adalah bagian-bagian yang harus dimiliki computer beserta kegunaannya.
Pembahasan.
Arsitektur Komputer.
Dalam Bidang teknik komputer,arsitektur
computer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu
system computer. Arsitektur computer ini merupakan renca cetak-biru dan
deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang di desain
(kecepatan proses dan system interkoneksinya). Dalam hal ini,implementasi
perencanaan dari masing-masing bagian akan lebih di fokuskan terutama mengenai
bagaimana CPU bekerja,dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dank e
memori cache, RAM,ROM,cakram keras,dll.
Peralatan Input.
Beberapa
alat input memiliki fungsi ganda, yaitu sebagai alat input dan juga
sebagai
alat output untuk menghasilkan data. Alat input/ouput demikian dikenal dengan terminal.
Alat input dibagi ke dalam dua golongan yaitu alat input langsung dan tidak langsung.
Bila terminal dihubungkan dengan pusat komputer yang letaknya jauh dari terminal
melalui alat komunikasi, maka disebut dengan nama Remote Job Entry (RJE)
terminal atau Remote Batch terminal.
Alat
input langsung memungkinkan input diproses secara langsung oleh CPU
melalui
alat input tanpa terlebih dahulu dinmasukkan ke dalam media penyimpanan ekternal.
Alat input langsung terdiri dari beberapa golongan yaitu: keyboard, pointing
device, scanner, voice recognizer.
Alat
input tidak langsung , dimana data yang dimasukkan tidak langsung diproses
oleh
CPU, tetapi direkam terlebih dahulu ke suatu media mechine readable form
(bentuk yang hanya dapat dibaca oleh komputer dan merupakan penyimpanan
ekternal). Alat input tidak langsung terdiri dari: key-to-card, key-to-tape,
key-to-disk. Input hardware digunakan untuk mentranmisikan data ke processing
dan storage hardware. Peralatan yang paling popular untuk memasukkan data yaitu
kombinasi antara keyboard dan layar monitor. Layar monitor dianggap sebagai
bagian dari input hardware kerena digunakan untuk memeriksa apakah data yang
akan dimasukkan telah diketik. Disamping jenis input hardware di atas, terdapat
juga input harware lainnya yaitu mouse, scanner, voice recognition, handwriting
device, machine data input (misalnya : modem),light pen, dan bar code reader.
Voice
recognition device dipakai untuk memasukkan suara manusia ke dalam signal
interpreter. Kebanyakan voice system yang digunakan sekarang mempunyai
vocabulary
yang kecil dan harus dilatih untuk mengenal kata-kata tertentu. Caranya, seseorang
membacakan sebuah daftar kata-kata yang biasa digunakan sehingga signal interpreter
dapat menetapkan polanya. Misalnya pekerja menyebut box yang mereka bawa. Voice
input diperlukan karena tangan pekerja sibuk dan tidak dapat mengetik atau memanipulasi
peralatan ketik input device lainnya. Hardwriting recognition device digunakan
untuk memasukkan data dengan cara menulis pada elektronis yang sensitive.
Karakter-karakter tersebut dikenal dan dimasukkan ke dalam system computer,
biasanya suatu system PC (personal computer).
Gambar
2. Hardwriting recognition device

Modem
merupakan salah satu jenis alat input data untuk menghubungkan
kkomputer
dengan computer lain melalui jaringan telepon. Jenis input hardware lainnya
yaitu
light pen yang digunakan untuk menunjuk item-item pada layar monitor dan bar
code
reader yang biasa digunakan di supermarket untuk mengidentifikasi suatu jenis barang.
Gambar
3. Modem

1.
1 Keyboard
Penciptaan
keyboard komputer diilhami oleh penciptaan mesin ketik yang dasar
rancangannya
di buat dan di patenkan oleh Christopere Lathan pada tahun 1868 dan banyak
dipasarkan pada tahun 1877 oleh Perusahaan Remington. Keyboard computer pertama
disesuaikan dari kartu pelunbang(punch card) dan teknologi p[engiriman tulisan
jarak jauh(teletype). Tahun 1946 komputer ENIAC menggunakn pembaca kartu
pembuat lubang(punched card reader) sebagai alat input dan output, Bila
mendengar kata “keyboard” maka pikiran kita tidak lepas dari adanya sebuah kompyter,
karena keyboard merupakan sebuahpapan yeng terdiri dari tombol-tombol untuk
mengetikkan kalimat dan symbol-simbol khisus lainnya pada computer. Keyboard dalam
bahasa Indonesia artinya papan tombol jari atau papan tuts, Pada keyboard
terdapat tombol-tombol huruf (alphabet A-Z, a-z, angka(numeric), 0-9, tombol
dan karakter khusus seperti : ` ~ @ # $ % ^ & * ( ) _ - + = / , . ? “ ‘ : ;
\ |, tombol fungsi (F1-F12), serta tobol-tobol khusus lainnya yantg jumlah
seluruhnya adalah 104 tuts. Sedangkan pada mesin ketik jumlah tutsnya adalah 52
tuts. Bemtuk keyboard umumnya persegi panjang, tetapi saat ini model keyboard
sangat variatif. Dahulu orang banyak yang menggunakan mesin ketik baik yang
biasa maupun mesin ketik listrik. Keyboard mempunyai kesamaan bentuk dan fungsi
dengan mesin ketik. Perbedaannya terletak pada hasil output atau tampilannya.
Bila kita menggunakan mesin ketik, kita tidak dapat menghapus atau membatalkan
apa-apa saja yang sudah diketikan dan setiap satu huruf atau symbol kita
ketikan maka hasilnya langsung kita liat pada kertas.tidak demikian dengan
keyboard. Apa yang kita ketikan hasil atau keluarannya dapat kita lihat dilayar
monitor terlebih dahulu, kemudian kita dapat
memodifikasi
atau melakukan perubahan-perubahan bentuk tulisan ,kesalahan ketikan dan
lainnya. Keyboard dihubungkan ke computer dengan sebuah kabel yang terdapat
pada keyboard. Ujung kabel tersebut dimasukan kedalam port yang terdapat pada
CPU computer.
Gambar
4. Keyboard

1.
2 Mouse
Pada
dasarnya, penunjuk (pointer) yang dikenal dengan sebutan”Mouse” dapat
digerakan
kemana saja berdasarkan arah gerakan bola kecil yang terdapat dalam mouse. Jika
kita membuka dan mengeluarkan bola kecil yang terdapat dibelakang mouse, maka akan
terlihatdua pengendali gerak didalamnya. Kedua pengendali gerak tersebut dapat bergerak
bebas dan mengendalikan pergerakan penunjuk yang satu kearah horizontal (mendatar)
dan satu lagi Vertikal (atas dan bawah ).
Jika
kita hanya menggerakan pengendali horizontal maka penunjuk hanya akan
bergrak
secara horizontal saj pada layar monitor computer. Dan sebaliknya jika penunjuk
vertical yang digerakan, maka penunjuk hanya bergrak secara vertical saja
dilayar monitor.jika keduanya kita gerakan maka gerakan penunjuk (pointer) akan
menjadi diagonal. Jika bola kecil dimasukan kembali, maka bola itu akan
menyentuh dan menggerakan kedua pengendali gerak tersebut sesuai dengan arah
mouse yang kita gerakan. Pada sebagian besar mouse terdapat tiga tombol, tetapi
umumnya hanya dua tombol yang berfungsi, yaitu tombol paling kiri dan yang
paling kanan. Pengaruh dari penekanan tombol atau yang di kenal dengan istilah “click”
ini tergantung pada object (daerah) yang kita tunjuk. Computer akan mengabaikan
penekanan tombol (click) bila tidak mengenai area atau object yang tidak
penting. Kemudian dalam penggunaan mouse juga kita kenal dengan istilah “Drag”
yang artinya menggeser atau menarik. Apabila kita menekan tombol paling kiri
tanpa melepaskannya dan sambil menggesernnya, salah satu akibatnya object
tersebut berpindah atau menjadi pindah (tersalin) ke object lain dan terdapat
kemungkinan lainnya. Kemungkinan-kemungkinan ini tergantung pada jenis program
aplikasi apa yang kita jalankan. Mouse terhubung dengan computer dengan sebuah
kabel yang terdapat pada mouse. Ujung kabel tersebut dimasukan pada port yang
terdapat di CPU computer.
Gambar
5. Mouse

1.
3 Scanner
Scanner
adalah suatu alat elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin
foto
kopi. Mesin foto kopi hasilnya dapat langsung kamu lihat pada kertas sedangkan scanner
hasilnya ditampilakn pada layar monitor computer dahulu kemudian baru dapat dirubah
dan dimodifikasi sehingga tampilan dan hasilnya menjadi bagus yang kemudian dapat
disimpan sebagai file tekx, dokuman dan gambar. Bentuk dan ukuran scanner
bermacam-macam, ada yang besarnya
seukuran
dengan kertas folio, ada juga yang seukuran postcard, bahkan yang terbaru berbentuk
pena yang baru diluncurkan oleh perusahaan WizCom Technologies Inc. scanner
berukuran pena tersebut bisa menyimpan hingga 1000 halaman teks cetak dan kemudian
mentranfernya ke sebuah computer pribadi (PC). Scanner berukuran pena tersebut dinamakan
“Quicklink”. Pena scanner itu berukuran panjang enam inci dan beratnya sekitar
tiga ons. Scanner tersebut menurut WizCom dapat melakukan pekerjaannya secara
acak lebih cepat dari scanner yang berbentuk datar. Data yang telah diambil
dengan scanner itu, bisa dimasukkan secara langsung ke semua aplikasi computer yang
mengenali teks ASCII. Perbedaan tiap scanner dari merbagai merk terletak pada pemakaian
teknologi dan resolusinya. Pemakaian tekologi misalnya penggunaan tombol digital
dan teknik pencahayaan.
Gambar
6. Scaner

Cara
kerja scanner :
Ketika
kita menekan tombol mouse untuk memulai scanning, yang terjadi adalah :
1.
penekanan tobol mouse dari computer mwnggerakan pengendali kecepatan pada mesin
scanner. Mesin yang terletak dalam scanner tersebut mengendalikan proses pengiriman
ke unit scanning.
2.
kemudian unit scanning menempatkan proses pengiriman ke tempat atau jalur
yang
sesuai untuk langsung memulai scanning.
3.
nyala lampu yang telihat pada scanner menandakan bahwa kegiatan scanning
sudah
mulai dilakukan.
4.
setelah nyala lampu sudah tidak ada, berarti proses scan sudah selesai dan
hasilnya
dapat dilihat pada layar monitor.
5.
apabila hasil atau tampilan teks atan gambar ingin dirubah, kita dapat
merubahnya dengan menggunakn software-software aplikasi yang ada. Misalnya
dengan photoshop, adobe, pot scanned dll.
6.
Ada dua macam perbedaan scanner dalam memeriksa gambar yang berwarna yaitu :
1.
scanner yang hanya bisa satu kali menscan warna dan menyimpan semua warna tersebut
pada saat itu saja.
2.
scanner yang lansung bisa tiga kali digunakan untuk menyimpan beberapa
warna.
Warna-warna tersbut adalah merah, hijau, dan biru. scanner yang disebut pertama
lebih cepat dibandingkan dengan yang ke dua, tetapi menjadi kurang bagusjika
digunakan reproduksi warna. Kebanyakan scanner di jalankan pada 1 bit, 8
bit(256 warna) dan 24 bit (> 16 juta warna). Bila kita membutuhkan hasil yang
sangat baik maka dianjurkan mengunakan scanner dengan bit yang besar agar resolusi
warna lebih banyak dan bagus.
Pemrosean
dan Penyimpanan Sekunder.
Memory
sekunder, dipergunakan untuk menyimpan data, informasi, dan program
secara
permanen sebagai berkas atau file. Contoh memory sekunder adalah floppy disk, hard
disk, zipdrive, CD-Rom, DVD, dan lain-lain. Sebagian besar memory sekunder saat
ini berbentuk disk/cakram/piringan. Operasi terhadap data, informasi, dan
program dilakukan dengan perputaran
disk. Satu putaran piringan disebut RPM ( Rotation Per
Minute
). Semakin cepat perputaran, maka waktu akses akan semakin singkat. Hal ini mengakibatkan
semakin besar tekanan terhadap disk dan semakin besar panas yang dihasilkan.
Jenis memory sekunder yang akan digunakan akan menentukan kecepatan akses dan
metode akses data. Beberapa contoh ukuran kecepatan memory sekunder adalah
sebagai berikut.
• Pre-IDE
: Memiliki kecepatan 3600 RPM
• IDE
: Memiliki kecepatan 5200 RPM
• IDE/SCSI
: Memiliki kecepatan 5400 RPM
• IDE/SCSI
: Memiliki kecepatan 10000 RPM
Memory
sekunder memiliki alat untuk membaca dan menulis. Alat Untuk membaca dan
menulis pada harddisk disebut head sedangkan pada floppy disk
disebut
side. Setiap piringan dalam disk memiliki 2 sisi head/side, yaitu sisi 0 dan
sisi 1. Head/side dibagi menjadi sejumlah lingkaran konsentrik yang disebut
track. Kumpulan track yang sama dari sebuah head yang ada disebut cylinder.
Pada suatu track dibagai menjadi daerah-daerah lebih kecil yang disebut sector.
Gambaran tentang cylinder, sector, track dsitunjukkan oleh gambar 2.8.
Berkas
yang disimpan dalam memory sekunder dapat berinteraksi dengan peralatan input/output
dengan perantara suatu unut pengolah ( processor ). Hubungan antara berkas dan
unit input/output ditunjukkan terhadap oleh bagan dibawah ini:
Memory
sekunder mempunyai karakteristik sebagai berikut.
1.
Sifat penyimpanan yang tetap ( persistent ), sehingga media penyimpanan sekunder
perlu dipisahkan dari unit pengolah utama ( central prosessing unit/CPU) dan
memory utama ( main memory ), dan di hubungkan oleh kabel/bus ke unit pengolah
( prosessor ) dan memory utama ( main memory )
2.
Kemampuan untuk digunakan secara bersama-sama ( shareability )
3.
Kemampuan untuk menyimpan sejumlah data, informasi, dan program
Langkah
pengolahan data daeri dalam memory sekunder adalah sebagai berikut.
1.
Menentukan lokasi data pada memory eksternal (external memory/storage )
2.
Prosessor akan membaca data, dan menyalin data dari memory eksternal
(
external memory/storage ) ke memory utama (main memory)
Pada
saat menupdate data, maka salinan data dalam main memory yang telah
diubah
akan dituliskan, yaitu dipindahkan dari main memory ke memory sekunder
Berdasarkan
medianya, memory sekunder terdiri atas :
1.
Optical disk
• Memnggunakan
prinsip optis, yaitu berdasarkan pantulan cahaya ( sinar
laser
) pada head baca.
• Pembacaan
data tidak melibatkan kontak fisik antara head dan disk
• Proses
penulisan datanya lebih lambat dari pada proses pembacaan data
• Lebih
awet tahan terhadap jamur, dan lain-lain
• Pembacaan
data secara acak ( Random )
• Mempunyai
kemampuan baca-tulis ( read/write )
• Kapasitas
besar
• Ukuran
kecil
• Contoh
: cd rom
Berkas
dalam media penyimpanan sekunder Input device Output device Prossesor
2.
Magnetik storage
• Dapat
terbentuk disk/tape
• Media
penyimpanan ini menggunakan bahan serbuk magnet
• Akses
data menggunakan prinsip induksi magnetis
• Jenis
ini terdiri atas magnetic tape dan magnetic disk
Peralatan
Output.
Output
yang dihasilkan dari pemroses dapat digolongkan menjadi empat
bentuk,yaitu
tulisan (huruf,angka,symbol khusus),image (dalam bentuk grafik atau
gambar),suara
,dan bentuk lain yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readable
form0.Tiga
golongan pertama adalah output yang dapat digunakan langsung oleh
manusia,sedangkan
golongan terakhir biasanya digunakan sebagai input untuk proses selanjutnya
dari computer.
Peralatan
output dapat berupa:
• Hard-copy
device,yaitu alat yang digunakan untuk mencetak tulisan dan image pada media
keras seperti kertas atau film.
• Soft-copy
device,yaitu alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan dan image pada media
lunak yang berupa sinyal elektronik.
Drive
device atau driver,yaitu alat yang digunakan untuk merekam symbol dalam
bentuk
yang hanya dapat dibaca oleh mesin pada media seperti magnetic disk atau magnetic
tape.Alat ini berfungsi ganda,sebagai alat output dan juga sebagai alat input. Output
bentuk pertamasifatnya adalah permanen dan lebih portable (dapat dilepas dari
alat output dan dapat dibawa ke mana-mana).Alat yang umum digunakan untuk ini adalah
printer,plotter,dan alat microfilm.Sedangkan output bentuk kedua dapat berupa video
display,flat panel,dan speaker.Dan alat output bentuk ketiga yang menggunakan media
magnetic disk adalah disk driver,dan yang mengguanakn media magnetic tape adalah
tape driver.
Software.
Sistem
Operasi.
Sistem
operasi merupakan sebuah penghubung antara pengguna dari komputer
dengan
perangkat keras komputer. Sebelum ada sistem operasi, orang hanya menggunakan komputer
dengan menggunakan sinyal analog dan sinyal digital. Seiring dengan berkembangnya
pengetahuan dan teknologi, pada saat ini terdapat berbagai system operasi
dengan keunggulan masing-masing. Untuk lebih memahami sistem operasi maka sebaiknya
perlu diketahui terlebih dahulu beberapa konsep dasar mengenai sistem operasi itu
sendiri.
Pengertian
sistem operasi secara umum ialah pengelola seluruh sumber-daya yang terdapat
pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan (system calls)
ke pemakai sehingga memudahkan dan menyamankan penggunaan serta pemanfaatan sumber-daya
sistem komputer.
Sejarah
Sistem Operasi.
Menurut
Tanenbaum, sistem operasi mengalami perkembangan yang sangat pesat, yang dapat
dibagi kedalam empat generasi:
• Generasi
Pertama (1945-1955)
Generasi
pertama merupakan awal perkembangan sistem komputasi elektronik
sebagai
pengganti sistem komputasi mekanik, hal itu disebabkan kecepatan
manusia
untuk menghitung terbatas dan manusia sangat mudah untuk membuat
kecerobohan,
kekeliruan bahkan kesalahan. Pada generasi ini belum ada sistem
operasi,
maka sistem komputer diberi instruksi yang harus dikerjakan secara
langsung.
• Generasi
Kedua (1955-1965)
Generasi
kedua memperkenalkan Batch Processing System, yaitu Job yang
dikerjakan
dalam satu rangkaian, lalu dieksekusi secara berurutan.Pada generasi
ini
sistem komputer belum dilengkapi sistem operasi, tetapi beberapa fungsi
sistem
operasi telah ada, contohnya fungsi sistem operasi ialah FMS dan IBSYS.
• Generasi
Ketiga (1965-1980)
Pada
generasi ini perkembangan sistem operasi dikembangkan untuk melayani
banyak
pemakai sekaligus, dimana para pemakai interaktif berkomunikasi lewat
terminal
secara on-line ke komputer, maka sistem operasi menjadi multi-user (di
gunakan
banyak pengguna sekali gus) dan multi-programming (melayani banyak
program
sekali gus).
• Generasi
Keempat (Pasca 1980an)
Dewasa
ini, sistem operasi dipergunakan untuk jaringan komputer dimana
pemakai
menyadari keberadaan komputer-komputer yang saling terhubung satu
sama
lainnya. Pada masa ini para pengguna juga telah dinyamankan dengan
Graphical
User Interface yaitu antar-muka komputer yang berbasis
grafis yang
sangat
nyaman, pada masa ini juga dimulai era komputasi tersebar dimana
komputasi-komputasi
tidak lagi berpusat di satu titik, tetapi dipecah dibanyak
komputer
sehingga tercapai kinerja yang lebih baik.
Perkembangan
Perangkat Lunak Sistem Informasi.
Paket
operasi ataupun program yang dibuat dengan High Level Langguage,
seperti
misalnya BASIC, FORTRAN, COBOL, dana Bahasa C dan lain sebagainya,
tidaka
akan dapat dijalankan kalau tidak ada Operating System yang mendukungnya. Sistem
operasi ini akan mengatur semua proses dari sistem computer 1954. Sistem operasi pertama kali dikembangkan pada
sekitar tahun 1954 di General Motor Research Laboratories untuk di gunakan pada
komputer IBM 701. kemudian pada tahun 1955, programmer di General Motor
Research Laboratories bekerja sama dengan North American Aviation menulis OS(operating
System) untuk komputer IBM 704.
beberapa
OS yang lainnya telah ditulis untuk komputer-komputer besar sejak dari tahun 1950
sampai dengan tahun 1960. OS tersebut terbatas pengguanaannya. Yaitu hanya dapat
digunakan untuk aplikasi pengolahan data secara sequential(urut) atau batch
saja dan biasanya dirancang untuk satu komputer saja. pada tahun 1960
Sistem Operasi Untuk Komputer Mini Pertama Kali
OS
untuk komputer mini pertama kali dikembangkan pada tahun 1960 bersamaan
dengan
diproduksinya komputer-komputer mini. Sebelum tahun ini, OS hanya digunakan untuk
komputer-komputer besar (mainframe). Pada bulan April 1964, IBM memperkenalkan
OS yang disebut dengan OS/360 untuk dipergunakan pada semua seri komputer 360.
Pada
tahun 1969, Unix, Ken Thompson dari Bell Laboratories menulis suatu OS yang disebut
dengan UNIX. Yang diterapkan pada komputer PDP-. Pada tahun 1973, UNIX dikembangkan
dengan cara ditlis ulang dengan menggunakan bahasa C, sehingga merupakan OS
pertama yang ditulis dengan High Level Langguage. Sejak tahun tersebut, banyak
orang memperkirakan bahwa UNIX akan menjadi OS yang paling populer dan akan
banyak dipergunakan. UNIX merupakan OS untuk komputer 16-bit. UNIX pertama kali
diterapkan di mainframe computer dan mini computer. Pada tahun
1970, komputer micro mulai dikembangkan dan bersamaan dengan itu, perusahaan
Digital Research mengembangkan OS yang diterapkan di computer mikro, yang
disebut dengan CP/M. CP/M merupakan singkatan dari Control Program/Microprocessor.
CP/M merupakan OS yang paling populer untuk komputer mikro 8-bit yang mempergunakan
microprocessor Zilog 80(Z80) atau microprocessor Intel 8080. CP/M pada tahun 1976
diperbaiki dan lebih ditingkatkan dengan nama CP/M-80 dan karena popularitasnya
dan banyak di pergunakan, dianggap sebagai standar OS untuk computer 8-bit.
Penulis dari CP/M adalah Gary Kidall. Sebelum tahun 1980, OS yang paling banyak
dipergunakan dan dianggap sebagai standar dari OS adalah CP/M-80 buatan Digital
Research. Tetapi sejak tahun 1980, Microsoft Corporation di Bellevue,
Washington yang dipakai oleh William Bill Gates. Mengembangkan OS dengan nama
MS-DOS (Microsoft-Disk Operating System) untuk computer 16-bit. MS-DOS
dipergunakan di komputer micro yang menggunakan microprocessor Intel 8088 atau
Intel 8086. Merasa bahwa CP/M-80 yang dipergunakan di komputer 8-bit mulai
banyak ditinggalkan, Digital Research menegmbangkan OS yang baru dengan nama
CP/M-86 untuk komputer 16-bit yang mempergunakan microprocessor Intel 8086
sebagai penyaing MS-DOS. OS lainnya yang dikembangkan oleh pabrik microsoft
diantaranya adalah Xenix, yang sebenarnya adalah Unix versi Microsoft untuk
microprocessor Intel 8086, Zilog 8000 dan Motorola 68000. OS lainnya adalah:
-
Oasis-16 dibuat oleh Phase One System.
-
Pick OS dibuat oleh Pick System Inc.
-
p-System dikembangkan pertama kali di university of california at san Diego
pada tahun 1974. TRS-DOS dibuat oleh Tandy Radio Shack.
Pada
tahun 1985. Microsoft Windows Yang Pertama
Perusahaan
Microsoft memasarkan sistem operasi Windows versi yang pertama
pada
tahun 1985. Windows sebagai sebuah sitem operasi sebenarnya belum bekerja sepenuhnya
sebagai platform, tetapi masih bekerja dibawah DOS. Ini berarti sebelum Windows
dioperasikan, sistem operasi DOS sudah harus digunakan terlebih dahulu yang kemudian
Windows dipanggil melalui DOS tersebut. Kelebihan Windows dari DOS adalah
kemudahannya untuk digunakan(user friendly) Karena menggunakan sistem
GUI. Multitasking( yaitu dapat mengerjakan program serentak dalam bentuk
windows yang dapat dipindah dari satu window ke window yang lain). Walaupun
demikian, windows versi 1.0 ini tidak populer dan kurang diminati karena
berbagai alasan, yang pertama adalah Windows 1.0 beroperasi dengan lambat disebabkan
pada waktu itu processor yang digunakan kurang mendukung. Yang kedua adalah
masih sedikitnya perangkat lunak yang ditulis untuk sistem operasi ini.
Pada
tahun 1987. IBM Operating System/2
IBM
OS/2 dibuat oleh IBM untuk mengatasi kekurangan dari IBM PC-DOS atau
MS-DOS.
Dengan microprocessor 80286 dan 80386. OS/2 dapat mengalamati memori diatas
batas 640 KB yang tidak dapat dilakukan oleh IBM PC-DOS. OS/2 mempunyai beberapa
kelebihan yaitu sebagai berikut:
-
Dapat Mendukung beberapa aplikasi yang menggunakan memori sampai 16 MB
-
Membuat manajemen basis data lebih mudah dengan menyediakan semua saranasarana untuk
membuat basis data.
-
Dapat digunakan untuk network dengan dihubungkan pada beberapa host
Computer
-
Dapat digunakan untuk multitasking, sehingga dari satu aplikasi ke
aplikasi lainnya.
Pada
tahun 1988. Windows/386
Windows/386
dipekenalkan pada tahun 1988. Windows versi ini diharapkan dapat membuat
pengguna komputer berpindah dari DOS ke Windows, karena sudah didukung oleh
processor Intel 80386 yang sudah cukup cepat di komputer IBM PC/386.
Pada
tahun 1990. Windows 3.0
Mulai
tahun 1990, popularitas Windows melalui Windows 3.0 meningkat dengan
cepat.
Keberhasilan Windows 3.0 tidak terlepas dari dukungan processor Intel80846 yang
sudah cukup cepat di computer IBM PC/486. setahun kemudian pada tahun 1991, Windows
versi 3.1 diluncurkan untuk memperbaiki versi sebelumnya. 1993. Mosaic, Browser
Internet Pertama Di Sistem Windows
Pada
tahun 1990-an system Windows yang digunakan adalah versi 3.x. Windows
3.x
ini tidak memiliki protocol, untuk hubunagn ke internet. Sehinnga di perlukan
perangkat
lunak khusus untuk menjelajah ke internet. Salah satunya adalah yang disebut dengan
browser. Mosaic merupakan browser yang diperkenalkan pada tahun
1993. mosaic merupakan browser internet yang pertama disistem Windows.
Pada
tahun 1995. Windows 95
Microsoft
mengeluarkan Windows 95 yang mempunyai beberapa kelebihan dari
Windows
versi 3.x. Windows 95 sudah tidak beroperasi dibawah platform DOS,sehingga operasinya
lebih cepat dibandingkan dengan Windows versi sebelumnya.
Pada
tahun 1998. Windows 98
Windows
98 merupakan perbaikan dari Windows 95. windows 98 diperkenalkan
pada
bulan September 1997.
Pada
tahun 2000. Linux
Linux
adalah sebuah sistem operasi yang sangat mirip dengan sistem-sistem
UNIX,
karena memang tujuan utama rancangan dari proyek Linux adalah UNIX
compatible.
Sejarah Linux dimulai pada tahun 1991, ketika mahasiswa Universitas
Helsinki,
Finlandia bernama Linus Benedict Torvalds menulis Linux, sebuah kernel
untuk
prosesor 80386, prosesor 32-bit pertama dalam kumpulan CPU intel yang cocok untuk
PC. Pada awal perkembangannya, source code Linux disediakan secara bebas
melalui internet. Hasilnya, pengembangan Linux merupakan kolaborasi para
pengguna dari seluruh dunia, semuanya dilakukan secara eksklusif melalui
internet. Bermula dari kernel awal yang hanya mengimplementasikan subset kecil
dari sistem UNIX, kini sistem Linux telah tumbuh sehingga mampu memasukkan
banyak fungsi UNIX. Kernel Linux terdistribusi di bawah Lisensi Publik Umum GNU
(GPL), dimana peraturannya disusun oleh Free Software Foundation. Linux
bukanlah perangkat lunak domain publik: Public Domain berarti bahwa pengarang
telah memberikan copyright terhadap perangkat lunak mereka, tetapi copyright
terhadap kode Linux masih dipegang oleh pengarang-pengarang kode tersebut.
Linux adalah perangkat lunak bebas, namun: bebas dalam arti bahwa siapa saja
dapat mengkopi, modifikasi, memakainya dengan cara apa pun, dan memberikan kopi
mereka kepada siapa pun tanpa larangan atau halangan.
Implikasi
utama peraturan lisensi Linux adalah bahwa siapa saja yang
menggunakan
Linux, atau membuat modifikasi dari Linux, tidak boleh membuatnya menjadi hak
milik sendiri. Jika sebuah perangkat lunak dirilis berdasarkan lisensi GPL, produk
tersebut tidak boleh didistribusi hanya sebagai produk biner (binary-only).
Perangkat lunak yang dirilis atau akan dirilis tersebut harus disediakan sumber
kodenya bersamaan dengan distribusi binernya.
Aplikasi.
Sejak
beredarnya computer personal,telah ribuan macam perangkat lunak untuk
bermacam-macam
keperluan aplikasi tersedia di pasaran guna memenuhi kebutuhan para pemakai
computer.
1976.
Electric Pencil.
Pada
tahun ini, Michael Shrayer memperkenalkan suatu program pengolah kata
(word
processor) yang diberi nama Electric pencil.
Electric pencil pada mulanya hanya untuk computer mikro altair saja, tetapi
kemudian dikembangkan untuk computer computer mikro yang lainnya dan sejumlah
alat cetak (printer), semuanya sampai dengan 78 versi. Electric pencil
tidak dapat menembus pasaran karena kurang popular. Electric pencil merupakan
paket pengolah kata yang pertama dan sampai 2 tahun kemuduan merupkan paket
pengolah kata satu-satunya yang beredar dipasaran.
1979.
Word Star
John
Barnaby menulis program pengolah kata atas permintaan Seymour
Rubinstein.
Sebelum menulis program, Seymour Rubinstein telah mengunjungi beberapa penjual
perangkat lunak untuk menegtahui keinginan masyarakat tentang software pengolah
kata. Program paket tersebut kemudian disebut Word Star dan sukses menembus
pasaran dengan perusahaannya yang bernama micropo. Beberapa versi Word Star
telah beredar dipasaran, diantaranya Word Star release 3.4, Word Star professional
release 4.0 dan lain sebagainya.
1979.
Apple Writer
Apple
Writer juga merupkan program paket pengolah kata yang habis terjual.
Apple
Writer ditulis oleh Paul Lutus yang nyentrik. Paul Lutus merupkan programmer yang
independen.
1979.
VisiCalc
Pada
tanggal 11 mei 1979 pada west coast computer fair, paket program
spreadsheet
pertama yang dirancang untuk pemakai komputer personal telah
diperkenalkan
dengan nama VisiCalc(Visible calculator atau visual calculator). VisiCalc merupakan
ide dari Daniel Bricklin dan dibuat oleh Robert Frankston. Daniel Bricklin adalah
seseorang lulusan dari MIT yang sudah bekerja sebagai software engineer di peruasahaan
komputer Digital Equipment Corporation (DEC) yang kemudian mengikuti kuliah
kembali di Harvard Businees School.
1981.
dBASE-II
Wayne
Ratliff, ahli tehnik NASA menulis suatu program untuk aplikasi bisnis
pada
waktu-waktu senggangnya dan memasarkannya dengan nama vulcan,tetapi tidak sukses
di pasaran.
Sementara
George Tate, ahli didalam mereparasi komputer yang kemudian
menjadi
ahli pemasaran software bersama-sama dengan Hal Lachlee mengadakan
kontrak
dengan Wayne Ratliff untuk memasarkan Vulcan. Nama Vulcan kemudian
dirubah
menjadi dBASE-II. Supaya seakan-akan merupakan software yang terbaru,dari peningkatan
dBASE sebelumnya, padahal dBASE-I tidak pernah ada. dBASE-II dipasarkan pada
tahun 1981 dengan nama perusahaannya Ashton-Tate yang sebenarnya merupakan
paket DBMS(Database Management Systems) yang mempunyai bahasa tingkat tinggi.
1982.
LOTUS 1-2-3
Lotus
1-2-3 merupakan suatu program paket yang berisi gabungan programprogram spreadsheet.
Grafik dan kemampuan untuk mendapatkan informasi, yaitu tiga bentuk program
dalam satu program. Lotus 1-2-3 ditulis oleh mitchell kapor, lulusan dari yale
University tahun 1971 lotus 1-2-3 khusus ditulis untuk komputer mikro 16 bit
IBMPC
Berikut
ini adalah beberapa macam paket software untuk komputer IBM PC atau yang kompatibel
dengan IBM PC.
1.
Aplikasi Untuk Pengolah Kata:Microsof Word, Final Word,Easy writer II,NBI word
processing,WordVision,Word Star, Textplus, dan lain-lain.
Gambar
12. Microsof Word

2.
Aplikasi Untuk Database Dan File Management:
Advanced
Db master,Advanced System PAC,Aladin,Data Ace,dBASE-III,Easy
Filler,Visifile,dan
lain-lain.
Gambar
13. dBASE-III

3.
Aplikasi Untuk Permodelan:
Calc-86,Construction
Models, Microsoft Window, Symphony,Vizualize, VIZA-
CON,
The Thinker, dan lain-lain.
4.
Aplikasi Untuk Investasi Manajemen: Finacial Fastrax, Financial Software
series,Market Maverick,Optioncalc,stockcal, dan lain-lain.
5.
Aplikasi Untuk Akuntansi:
Account
payable,Colorbiz Inventory,Gneral Ledger System,Inventory control,
Versainventory,
dan lain-lain.
6.
Aplikasi Penjadwalan Proyek: Microgantt,Shoebox,Time Scheduler, Visischedule,
dan lain-lain.
7.
Aplikasi Untuk Komunikasi Dan Telekomunikasi: Ascom, Ethernet,The Micro Link
II, Microterm,Move-it, dan lain-lain.
8.
Aplikasi Untuk Garfik: Auto Cad, Business Graphics, Corel Draw, Pc-Draw,Graph
Magic, Pyxel Visual, Adobe Photoshop, Fast Graph, dan lain-lain.
9.
Aplikasi Untuk Manipulasi Printer: Letrrix, Fancy Font, Nice Print, Select A
Font, Printer Boss,Side Ways, dan lain-lain.
10.
Aplikasi Untuk Manfaat : Autodex, Sevenware, Side Kick, The Spooler, Super
key,System Backup, UT-86,The Norton Utilities, dan lain-lain.
11.
Aplikasi Untuk Sorting: Autosort, fatsort,HBsort, the Sort, The Sorter, dan
lain-lain.
12.
Aplikasi Untuk Pendidikan: FaceMaker, Math Drills,Pc Pal, Pc pilot,Video Etch,Word
Whiz, dan lain-lain.
13.
Aplikasi Untuk Permainan: Apple Panic, jumpman,Miliionaire,space minner,zork,
flight simulator,trainsimulator, dan lain-lain.
14.
Aplikasi Untuk Statistic: BMD,Microstat,SPSS, Statpro, TSP, SAS, dan lain-lain.
Peranan
Peralatan Input dan Output serta Software daalam Pemecahan Masalah.
Semua
alat input dan output dapat berkontribusi pada pemecahan masalah baik
secara
langsung dan tidak langsung. Contoh: keyboard , display, printer dan plotter(berperan
langsung), source data automation device, microfilm (berperan tidaklangsung). Seperti
halnya perangkat keras, perangkat lunak dapat juga berperan langsung atau tidak
langsung. Contoh: sistem operasi (berperan tidak langsung), aplikasi bisnis umum
dan industri (berperan tidak langsung), sebagian perangkat lunak aplikasi peningkatan
produktivitas organisasi perorangan (berperan tidak langsung), spreadsheet, analisis
statistik dan perkiraan, manajemen proyek (berperan langsung).
Kesimpulan.
Dari
artikel yang terkait di atas,saya menyimpulkan bahwa pentingnya
struktur-struktur untuk menciptakan pemrosesan pada suatu computer,dimana di
dalam computer tersebut tersusun dari kumpulan-kumpulan yang disebutkan pada
artikel diatas,sehingga kita bisa tahu apa saja bagian yang terpenting dan
aplikasi apa saja yang mendukung untuk mengerjakan suatu pekerjaan dalam
pengoperasian komputer.
Daftar
Pustaka.
Sutanta,Edhy,2005, Pengantar
Teknologi Informasi, Graha Ilmu,Yogyakarta
E.S Margianti, D. Suryadi
H.S, 1994, Sistem Informasi Manajemen, Gunadarma, Jakarta,Hartono,Jogiyanto,
1999, Pengenalan Komputer, Andi Jogyakarta, Yogyakarta
8:04:00 PM
welcome to my blog
Posted in: 


















0 komentar:
Posting Komentar